Blogroll

Selamat Datang Di Blog "Education" !!!

Sabtu, 14 April 2012

Tips dan Trik Belajar Biologi

Banyak yang bilang belajar Biologi itu susah, tapi nyatanya dari sekian banyak pelajar di Indonesia hampir setengah dari mereka merencanakan ingin jadi seorang Dokter. Berarti mereka pasti sadar untuk jadi Dokter itu harus menguasai materi terutama IPA, nah dalam IPA pun ada yang namanya Biologi. Jadi pasti mereka sadar dong suka ngga suka, mau ngga mau, pasti mereka harus menguasai pelajaran Biologi. Jaman sekarang pun semua orang (ngga cuma Dokter) harus bisa menguasai pelajaran Biologi yang ternyata memang memiliki keterkaitan kuat antara hidup Manusia. Misalkan dalam penelitian-penelitian dan juga dalam kehidupan sehari-hari pasti ada sangkut pautnya dengan Biologi, so Biologi bukan hal yang awam lagi buat kita semua, karna semua orang harus bisa menguasai Biologi.

Walaupun kita emang harus menguasai Biologi kadang masih aja ada hambatannya. Misalkan buku Biologi yang ngga enak karna terlalu banyak tulisan dan gambar yang ngga dimengerti (apalagi kalau hitam putih), atau guru yang ngajar ngga enak atau kecepetan, atau emang dari diri sendiripun udah mau tertutup sama hal-hal yang berbau Biologi. Itu semua wajar aja kalau kalian alamin, toh Biologi emang isinya hafalan semua yang kadang ngebetein dan panjang banget. Tapi Jaman semakin maju, masa sih Biologi ngga maju-maju? Berikut Tips dan Trik dari kita buat menghadapi yang namanya Biologi.

  • Tanamin dalam diri kalau Biologi itu Asik
          Hal paling dasar untuk menguasai sesuatu itu adalah Tekad. Biologi juga begitu, tanpa tekad untuk mau belajar Biologi sekeras apapun pasti ngga akan nyangkut ke otak. Makanya tekad itu penting. Kalau kalian udah punya niat keras buat belajar Biologi, dinding setinggi apapun ngga akan bisa misahin kalian :).

  • Jangan males Baca buku Biologi
          Inti dari semua pelajaran adalah Baca, minimal kalau kita baca sekali aja pasti ada yang nyangkut di otak kita, kalau sehari aja ada yang nyangkut gimana kalau setiap hari? Dijamin kalian bakalan menguasai materi yang tiap hari kalian baca itu, ibarat komik kalau tiap hari dibaca pasti kita bakalan hafal jalan ceritannya kan? Sama juga kayak Biologi, jadi mulai sekarang anggap aja buku Biologi yang tebel itu jadi komik kalian, gampang kan? :)

  • Say NO to "Biologi Membosankan"
         Siapa bilang Biologi membosankan? Kalau jaman dulu mungkin iya karna buku-buku Biologi jaman dulu tebalnya beratus-ratus halaman dan tanpa gambar pula, bikin mata pusing. Tapi sekarang buku-buku Biologi udah dikemas lebih menarik buat menarik minat pembaca. Ada bermacam-macam gambar membosankan yang dikemas lebih menarik dari gambar awalnya. Dan ada Quiz menarik seputar Biologi, pokoknya Jaman sekarang udah paling enak deh, belajar ngga usah repot mesti ke Perpustakaan atau ke Toko buku dulu buat bisa belajar, dari internet aja udah banyak materi-materi yang bisa kita dapat dan pastinya dikemas secara menarik dan ngga bikin bete :) jadi ngga ada alasan lagi buat bilang "Biologi Membosankan".

  • Belajar Kelompok untuk meningkatkan semangat Belajar
         Emang udah jadi rahasia umum kalau anak-anak jaman sekarang mesti aja gerombolan sama temenya, entah ngegosip, main game bareng (ke Warnet), main ke rumah temen, hang-out bareng sampai lupa waktu, dan banyak lagi. Wajar aja sih, bergaul itu ngga salah justru kalau ngga bergaul itu yang salah. Tapi jadiin aktifitas bergaul kalian jadi hal-hal yang lebih positif. Ubah obrolan-obrolan kalian menyangkut hal-hal pelajaran (karna kita lagi bahas Biologi jadi anggap materinya Biologi aja ya). Misalkan ngegosip: ubah bahan gosipan kalian dari yang biasanya ngomongin cowo atau gebetan jadi masalah Biologi. Misalkan ke warnet: Daripada nongkrongin game di warnet sampai ber jam-jam dan ngabisin uang pula, mendingan nongkrongin Toko Buku, kalian bisa baca-baca buku Biologi disana kan, daripada mata rusak gara-gara komputer mending belajar :). Misalkan Main ke rumah temen: Dirumah temen paling ngapain, kalau ngga ngegosip, main komputer, kalau ngga nonton film. Sama-sama aja kayak poin diatas tadi, tapi bukan berarti kalian dilarang main ke rumah temen, boleh-boleh aja main di rumah temen tapi jadiin itu hal yang positif kayak ngebahas soal bareng dirumah temen kamu. Misalkan hang-out bareng: Anak sekarang kalau hang-out sebagian besar pasti ke Sevel, nah jadiin waktu hang-out kalian jadi hal yang positif kayak belajar sambil makan-makan di Sevel, kan lebih seru kebanding belajar dirumah sendirian.

So, udah ngga ada alasan buat males belajar lagi kan? Ayo tingkatkan semangan belajar kamu! Kelak pasti kamu bakal senang kalau jadi orang sukses kan? Sukses ngga bisa kalau tanpa pengorbanan, nah sekarang inilah tunjukin pengorbanan kalian selagi masih muda :) buat diri kalian berguna buat Bangsa dan Negara, biar semakin kecil angka pengangguran.

Semoga Artikel ini bisa berguna dan bermafaat bagi kalian semua yang baca Artikel ini :) dan Gamsahae bagi yang udah mau baca^^


Created by: -Han Ra Young- @nadirafairuz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar