Blogroll

Selamat Datang Di Blog "Education" !!!

Senin, 16 April 2012

Tips dan Trik Belajar Fisika dan Kimia

Banyak yang bilang belajar fisika dan kimia itu susah, yaa tapi nyatanya rata-rata dari sekian banyak manusia bercita-cita ingin menjadi dokter. Mungkin menurut kalian untuk jadi dokter itu ga gampang, dan emang bener sih ga gampang buat jadi dokter tapi kalo misalnya emang sungguh-sungguh bisa kok pastinya dan apalagi kalo emang serius belajar dalam bidang IPA.  Nah dalam pelajaran  IPA itu ada yang namanya fisika, kimia, biologi. nah pada artikel ini gue mau ngasih tau caranya supaya belajar fisika dan kimia itu mudah, dan pasti bisa cepet hafal rumus, cepet pahamaksi reaksi kimia , dan lainnya. 

            Walaupun kita emang harus menguasai kimia, fisika kadang masih aja ada hambatannya ya seperti susah mengafal rumus dan memahami pelajaran itu, ya mungkin memang memahami aksi reaksi kimia agak sedikit rumit lah yaa sama juga ya dengan menghafal rumus . Misalkan buku fisika yang ngga enak karna terlalu banyak rumus dan kebanyakan menghafal apa yang di definisikan begitu  juga dengan kimia ya mungkin bosan karena yaa kebanyakan rumus aksi reaksi yaa yang mungkin mencapai ribuan yang  membuat kita malas membaca dan menghafalnya. tetapi jangan karna hal itu kita mengurungkan niat  untuk tidak mempelajari itu. karena pelajaran fisika dan kimia juga sering ada sangkutanya dengan kehidupan sehari-hari . karena itu ada tips dan trik nih dari gue sama temen gue yang lain ;)
Ø Harus punya kemauan buat belajar
Nah yang pertama itu kita harus punya kemauan belajar yang kuat. Kalo misalnya punya kemauan aja belom gimana mau bisa? ya gaa? tentunya lah. makanya kalo emang niat mau pelajarin pelajaran itu harus punya tekad/ kemauan yang keras ;)

Ø Harus bisa thinking yang positif lah kalo fisika dan kimia itu asik
kenapa lo harus bisa befikir kalo dua pelajaran ini tuh asik? karena kalo ga mikir positif lo pasti susah buat paham jadi karena itu lo harus bisa mikir  kalo mengehafal rumus itu asik yaa terutama belajar fisika dan kimia. Tapi tenang dulu kalo misalnya lo thinking positive kalo dua  pelaran ini asik pasti so easy lah yaa. ya tapi sebaliknya kalo lo  malah thinking negative ya pasti so hard. so?  lo harus thinking positive dulu ;)

Ø jangan males buat baca-baca buku fiska dan kimia
sebenernya sih ya ga cuman dua pelajaran ini yang modal awalnya itu baca buku. pelajaran yang lain juga kok,  karna itu pasti yaa awal modal buat bisa pelajarin pelajaran ini ya pasti baca buku. Kalo lo udah baca buku dan rajin baca buku pasti  lo bisa hafal, paham apa yang dimaksudkan. Tapi kalo lo baca bukunya jarang-jarang yaa butuh proses yang lama bahkan sangat susah buat paham dan hafal. so? jangan males buat baca buku yaaa :)

Ø jangan fikir kalo kimia dan fisika itu bikin bosen
jangan sampe lo semua tuh pada mikir kalo kimia dan fisika itu bikin bosen . Ya emang sih jaman dulu iya bikin ngebosenin yang halaman bukunya sampe ratusan, mungkin ribuan kali yaa. terus yang gaada gambar sama sekali isinya Cuma rumus dan tulisan semuanya, kertasnya juga mungkin gelap dan agak susah untuk dibaca apalagi dimengerti. tapi jaman sekarang pasti buku rumus itu ada variasinya ya contohnya buku-buku rumus fisika dan kimia ada cara penyampaiannya lewat percakapan gambar karikatur yang menarik, berwarna, gambarnya lucu-lucu, dan mungkin lain sebagainya :)

Gimanaa? tips dan triknya? bagus kan :). Ooh iya satu lagi nih ketinggalan, Apalagi kalo belajarnya sambil belajar kelompok dan pasti biasa saling tanya dan bisa saling mejelaskan dan itu sangat membantu buat diri sendiri dan juga mungkin teman sekelompok yang belajar bareng. so?  tingkatkan kemauan belajar kalian semua. Ga akan sia-sia kok kalo kalian susah payah terlebih dahulu nanti juga bisa berguna buat diri sendiri, juga bangsa dan negara. 
So? increase the willingness to learn you from now, and now you already know it? that physics and chemistry it is very easy. Yeay with this, we are so easy to memorize formulas of physics and chemistry :) :)
  
Created by: Alda Nurfadilla Diovenni (アルヌー)
   

1 komentar: