Blogroll

Selamat Datang Di Blog "Education" !!!

Rabu, 18 April 2012

Tips dan Trik Mengatasi Soal Bahasa Indonesia

Pernah baca buku? Pastinya Ya kan? Yap, baca buku udah jadi keseharian setiap orang di dunia. Tidak cuma di Indonesia, di seluruh duniapun pasti sering melakukan hal yang namanya Baca. Sebagian orang bilang buku dapat menghilangkan stress, salah satunya yang paling tenar adalah Novel. Dari novel Remaja, Islam, dan Fiksipun beredar dimana-mana. Tapi kenapa kalau kita dihidangkan soal-soal yang berhubungan dengan yang namanya Baca kita selalu "males"? Padahal kan sehari-hari kita selalu baca. 


Salah satu soal-soal yang paling banyak menguras otak kita untuk baca ngga lain dan ngga bukan adalah Bahasa Indonesia, ya kan? Bahasa Tanah Air yang setiap hari selalu kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain itu yang selalu diproteskan hampir semua murid-murid bangku sekolah, entah karna teks yang terlalu panjang, bahasa yang terlalu baku, atau jawaban-jawaban bahasa Indonesia yang selalu menjebak. Tapi sebenarnya Bahasa Indonesia bisa aja jadi asik dan menyenangkan. Ini beberapa Tips dari kita agar dapat mengatasi persoalan Bahasa Indonesia.


  • Modal Baca aja sudah cukup
         Taukah kalian untuk dapat menguasai Bahasa Indonesia itu cukup dengan baca aja? Yap, ini salah satu dasar dari Bahasa Indonesia. Kalau kalian punya waktu luang kita saranin mending kalian baca-baca aja, APAPUN yang kalian baca ngga akan mempengaruhi, pokoknya intinya kalian baca sesuatu, entah Novel, Koran, atau artikel ini mungkin^^ pokoknya baca. Karna dengan baca itu dapat mempertajam nalar kamu untuk memahami sesuatu. Jadi kalau kamu baca itu kamu pahamin betul-betul apa yang kamu baca, dan lebih bagus lagi kalau yang kamu baca itu menggunakan bahasa yang baku. 


  • Latihan soal untuk mengetahui level soal
         Poin yang ini sih sebenarnya lebih dikhususkan untuk yang mau ujian, tapi buat yang ngga ujian juga bisa untuk memperluas pengetahuan juga sih. :) Pastinya setiap soal punya level-level tersendiri kan? Kalau untuk anak SD kira kira level 1-2 (Dasar), kalau SMP level 3-5, kalau SMA level 6-9 lah (kira-kira). Setiap level punya tingkat kesulitan tersendiri, misalkan itu kalau UN SMP itu antara level 3-4 lah, yang level 5 mungkin hanya satu atau dua soal aja.. kalau udah 6 keatas kita udah harus mulai main logika juga... Nah, kalau kita mau berhasil ngerjain soal itu kita minimal harus tau soal bentuknya kayak gimana kan? Ibarat perang kalau kita ngga tau musuh kita sendiri kita pasti kalah kan? Soal juga begitu, untuk mempertajam otak kita selain baca kita juga mesti ngerjain soal buat mendapatkan hasil terbaik :)


  • Biasakan berbicara bahasa yang baku
         Yang ini mungki agak susah ya, secara ngomong sama temen pakai "dirimu diriku" gitu-gitu kan ribet juga kalau tiap hari. Tapi maksud kita bukan yang itu, mungkin yang biasanya ngomong "apaan" jadi "paan" itu bisalah mungkin dirubah, atau yang biasa ngomong "lo" jadi "L" aja itu juga harus diperbaiki, secara bahasa yang biasa kita pakai aja udah ngga baku, malah dibikin versi baru lagi. dan pokoknya bahasa-bahasa lain yang ngga semestinya itu bisalah dirubah sedikit-sedikit, untuk melatih tata bahasa kalian juga. Masa kalian mati-matian belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar tapi bahasa sendiri aja ngga diurus dengan baik O.o, dan satu lagi juga, hilangkan yang namanya Bahasa 4L4Y. Bukan maksud menghina siapapun disini, tapi bahasa itu bener-bener jauh banget dari yang namanya bahasa baku. Masa nanti kalian kalau misalkan di sms sama bule balesnya "hy jG! qMu nmAny cpa cii??" kan ngga enak kalau begitu==" nanti bulenya malah ngga jadi belajar bahasa Indonesia lagi :(.


  • Baca EYD sesekali
         Indonesia itu sebenarnya udah baik banget, kita udah dibuatin buku Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jadi kalau mau belajar Bahasa yang baik dan benar bisa aja dari situ :). Buat pelajar EYD juga penting loh, kadang banyak soal yang menanyakan tentang Ejaan-ejaan yang sempurna, jadi minimal kita mesti tau lah beberapa. so, kalau ada waktu baca-baca EYD bisa jadi pilihan yang baik juga :)


Yah, kira-kira begitulah Tips dari kita tentang Bahasa Indonesia :) tapi jangan cuma dibaca aja artikelnya, lebih baik diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari. Kan ngga terlalu susah juga, kita kan udah menguasai Bahasa Indonesia :)


Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua yang Artikel ini :) dan Gamsahae bagi yang udah mau baca^^




Created by: -Han Ra Young- @nadirafairuz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar